Laman

Rabu, 08 Juni 2011

Tentang bakteri E-coli

Belum lama ini kita dihebohkan dengan berita kematian warga Jerman yang disinyalir karena terinfeksi bakteri e-coli jenis ganas (kemungkinan jenis e-coli O157:H7 atau e-coli jenis baru). apa sebenarnya e-coli itu? dan bagaimana cara menghadapinya?.....

e-coli merupakan singkatan dari Escherichia coli dan merujuk pada sekumpulan bakteri yang biasanya ditemukan dalam makanan dan air. Kebanyakan dari bakteri ini tidak berbahaya tetapi diantaranya juga sangat berbahaya. e-coli yang berbahaya ini menciptakan toksin shiga yang merupakan penyebab masalah perut dan usus seperti diare dan muntah.

Anak-anak, orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, dan orang lanjut usia berada pada resiko tertinggi dalam kasus yang mengancam jiwa karena e-coli ini.

E-coli penyebab penyakit strain hidup dalam saluran usus hewan yang memamah biak seperti sapi, rusa dan kambing. bagi hewan-hewan tersebut kehadiran e-coli jenis ganas ini tidak menjadi masalah. tetapi ketika kotoran dari hewan yang telah terinfeksi bakteri  tersebut mengkontaminasi makanan dan air atau bahkan bersentuhan langsung dengan manusia maka akan sangat berpotensi menyebabkan penyakit bahkan wabah e-coli (manusia ke manusia salah satu prosesnya  melalui kotoran manusia itu sendiri).

Banyak orang yang berpikir bahwa daging mentah adalah sumber yang paling umum dari e-coli, pemahaman ini belum sepenuhnya benar, karena dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit kasus e-coli antara tahun 1990 dan 2003 (www.ehow.com) sumber yang paling umum adalah makanan laut dan sumber terumum kedua adalah daging segar.

Pencegahan/Solusi
E-coli adalah bakteri, jadi cuci tangan bersih dengan sabun anti bakteri setelah menggunakan kamar kecil, bersentuhan dengan daging mentah, atau melakukan aktivitas lain yang dapat menempatkan anda dalam kontak dengan bahan-bahan yang terkontaminasi.

Pastikan memasak semua jenis daging dengan suhu 160 derajat fahrenheit/70 derajat celcius. cuci semua piring/wadah yang bersentuhan dengan daging mentah menggunakan air panas dan sabun anti bakteri. Perlu diingat kita masih dapat terkena e-coli oleh buah-buahan dan sayur segar.

Identifikasi
Gejala umum e-coli termasuk kram perut yang kuat tiba-tiba, kemudian akan segera mengalami diare dan kadang muntah, dan demam ringan. Gejala-gejala ini biasanya akan terjadi sekitar 7 hari setelah penderita memakan makanan yang terinfeksi. Jika ada gejala seperti ini pada anda ataupun keluarga segeralah berurusan dengan dokter.
semoga bermanfaat

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. jd takut jajan diluar nih ..kabarnya bakteri ini sudah banyak menyebar melalui jajanan ... hadoh.. tuh tukang jajanan kok pada sehat2 aja yak..

    BalasHapus
  2. @Azry sebaiknya sih emang makan di rumah sendiri -kebersihan dan mutu makanan bisa kita kontrol :)

    BalasHapus

trims untuk commentnya :)