Laman

Senin, 13 Juni 2011

10 makanan untuk menjaga kesehatan jantung


1. Oatmeal/sereal gandum
Membiasakan diri sarapan dengan oatmeal akan memberikan dampak yang sangat postitive bagi kesehatan jantung karena gandum mengandung asam lemak omega-3, folat, kalium dan kaya akan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu arteri tetap bersih.
2. Ikan salmon.
Kaya dengan asam lemak omega-3, daging ikan salmon efektif menurunkan tekanan darah. Ikan salmon juga mengandung astaxanthin -korotenoid yang merupakan anti oksidan yang sangat kuat 550 kali lebih kuat dari vit C dan E.
3. Alpukat
Alpukat dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh. 
Alpukat dapat menyerap karatenoid lain-terutama beta carotene dan lycopene yang penting untuk kesehatan jantung (DR. Stephen T. Sinatra).
4. Minyak zaitun.
Banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dan menurunkan kadar LDL. Mengganti penggunaan mentega dengan minyak zaitun merupakan langkah yang efektif untuk menurunkan risiko penyakit jantung.
5. Kacang-kacangan.
Khususnya kacang kenari banyak mengandung omega-3, sementara kacang almond, dan kacang macadamia sarat dengan lemak polyunsaturated (lemak tak jenuh majemuk).
6. Berrie.
Blueberry, raspberry, stroberry...apapun jenis berry adalah merupakan anti peradangan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. terutama blackberry dan blueberry namun pada umumnya semua jenis berry baik untuk kesehatan pembuluh darah.
7. Polong-polongan. 
 Mengandung asam lemak omega-3, dan kalsiumnya mudah terlarut dalam serat. Jenis makanan ini sangat cocok dikombinasikan dengan makanan yang berserat.
8. Bayam.
Banyak mengandung lutein (anti oksidan pelindung mata), folat (vit B9 atau folacin), kalium dan tentunya serat.
Namun secara umum mengkonsumsi segala jenis sayuran adalah tindakan yang tepat dalam menjaga kesehatan jantung, mereka yang makan sayur setiap hari disinyalir dapat mengurangi risiko penyakit jantung sampai 25% dibanding yang tidak. (the physicians'health study).
9. Flaxeed.
Flaxeed (sejenis sereal yang diperoleh dari bunga flax, bentuknya hampir mirip dengan biji bunga matahari namun lebih kecil) banyak mengandung omega-3 dan omega-6. taburkanlah sedikit falxeed dalam makanan kita, paling cocok ditaburkan dalam oatmeal -merupakan kombinasi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung.
10. Kedelai.
Kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol dan karena kandungan lemak jenuhnya yang rendah menjadikan kedelai salah satu sumber protein yang baik untuk orang yang memiliki gejala penyakit jantung ataupun bagi kita yang ingin selalu menjaga kesehatan jantung kita. 
 semoga bermanfaat

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

trims untuk commentnya :)