Laman

Rabu, 22 Juni 2011

Tentang Diabetes


Lebih dari 220 juta jiwa di seluruh dunia menderita diabetes (WHO)
Diperkirakan antara tahun 2005 - 2030 jumlah penderita diabetes akan berlipat ganda (WHO)

Lalu apa tindakan kita untuk melindungi diri dan keluarga dari dari ancaman diabetes?

Sebelumnya kita kenali dulu apa itu diabetes...

diabetes adalah suatu keadaan dimana gula dalam darah kita berada di atas normal...keadaan ini bisa memicu berbagai komplikasi penyakit dibagian tubuh kita yang lain.

kebanyakan makanan kita terdiri dari glukosa atau gula yg berfungsi untuk menghasilkan energy...

Pankreas, adalah organ tubuh yang terletak di dekat perut yg fungsinya untuk membuat hormon insulin...,hormon insulin ini berfungsi untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh kita.

saat kita menderita diabetes tubuh kita tidak membuat cukup insulin atau tidak dapat memfungsikan insulin sebagaimana mestinya...hal inilah yang menyebabkan tingginya gula dalam darah kita.

Semua orang beresiko untuk terkena diabetes ini...namun resiko terbesar ditemukan pada orang-orang yang memiliki berat badan yang berlebihan, kurang beraktivitas fisik, atau faktor keturunan..

diabetes bisa diderita disegala umur tapi umur yang rentan terkena adalah orang yang berumur lanjut.
Mengapa penting untuk mengontrol diabetes? karena diabetes bisa menyebabkan komplikasi pada bagian tubuh kita yang lain...

Bagaimana mengenali gejala atau ciri-ciri umum kita telah menderita diabetes? 
  1. kita selalu merasa haus, lapar dan lelah
  2. kita juga selalu buang air kecil
  3. kita memiliki problem2 tertentu seperti... luka yang sulit segera sembuh, kadang keram pada kaki, dan mata terasa mulai kabur.
hal-hal tersebut di atas mungkin bisa menjadi pertanda diabetes, bahkan tanpa pertanda itupun kita masih bisa menderita diabetes.

diabetes merupakan penyakit yg serius karena dapat menyebabkan; serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, atau kehilangan tangan dan kaki dll...

tapi diabetes bisa dikontrol untuk itu langkah pertama yang harus kita lakukan adalah..mencari tahu apakah kita berpotensi menderita penyakit ini. jika merasa anda berpotensi terhadap diabetes segera kunjungi dokter atau puskesmas untuk diagnosa dan penanganan lebih lanjut.

Lalu bagaimana cara memanage/mengelola diabetes? penderita diabetes harus selalu menjaga kadar gula darah mereka tetap stabil (tidak tinggi ataupun rendah) untuk itu yang perlu dilakukan adalah:
  • makan makanan yang sehat
  • beraktivitas fisik setiap hari
  • kontinyu mengecek kadar gula darah kita
  • laksanakan semua resep yang dibuat oleh dokter anda.
Bagaimana cara mencegah diabetes? ada dua hal yang patut menjadi perhatian kita yaitu aktivitas fisik dan makanan yang sehat...

untuk aktivitas fisik bisa dilakukan dengan berbagai macam cara...bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana namun kontinyu setiap hari misalnya; jalan kaki, membersihkan rumah, dll

untuk makanan...
  • selalulah mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan..
  • banyak minum air putih (3 gelas air putih saat bangun tidur bisa mendatangkan hal yang baik buat kesehatan),
  • kurangi makanan dan minuman yang mengandung lemak, kalori dan garam
  • kurangi makan gorengan
  • jangan merokok
tips : kita tetap bisa makan makanan yang kita mau tapi porsi dan ukurannya sebaiknya kita batasi misal untuk daging sapi, ayam dan ikan...porsi makanan tersebut sebaiknya lebih kecil dari telapak tangan kita..
semoga bermanfaat

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

trims untuk commentnya :)