Laman

Rabu, 09 Maret 2011

makanan dan minuman yg baik untuk diet

menjaga asupan makanan kita merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang akan menjaga dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan serta menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. hal ini juga penting bila kita dalam program diet untuk menurunkan berat badan ataupun mempertahankan berat badan.

makanan seperti apa dan bagaimanakah yang sebaiknya kita konsumsi untuk program diet dan kesehatan kta?

konsumsilah makanan yg mengandung lemak tak jenuh dan hindari lemak jenuh.
  • bahkan saat kita ingin menurunkan berat badanpun asupan lemak untuk tubuh kita tetap harus kita peroleh untuk menjaga kesehatan kita. adapun sumber makanan yg baik untuk memperoleh lemak jenuh ini seperti;  ikan, minyak zaitun, alpukat, minyak biji anggur, minyak canola, walnut, kacang brazil, biji labu, kacang kedelai dan biji rami. sedangkan lemak jenuh antara lain berasal dari makanan seperti ; daging merah dan kelapa. cara memasak makanan juga merupakan faktor yang mempengaruhi tingkat lemak jahat pada makanan kita, misalnya lemak yang kurang baik itu bisa terdapat pada makanan yang diolah dengan cara digoreng serta terdapat pula pada makanan yang terbuat dari bahan margarin.
makanan yang memiliki kadar protein yang seimbang.
  • mengganti makanan yang mengandung kadar protein yang tinggi dengan makanan yang mengandung protein yang lebih seimbang akan membantu kita untuk mengurangi kalori dan menghindari lemak jenuh. makanan yang mengandung kadar protein yang baik (seimbang) antara lain ; ayam tanpa kulit, kalkun tanpa kulit, ikan salmon, ikan tuna, udang, kepiting, susu kedelai tanpa gula, keju bebas lemak, kacang merah, kacang putih, dan kacang pinto. sementara protein tinggi kalori terdapat pada daging merah.
makan makanan yang mengandung karbohidrat baik dan menghindari karbohidrat buruk.
  • mengganti makanan yang mengandung karbohidrat buruk dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan membantu kita menurunkan berat badan. makanan yang mengandung gula yang tinggi manggantikan gula darah dan mendorong tubuh kita melepaskan insulin yang mengarah pada penyimpanan lemak (gula tinggi terdapat pada karbohidrat buruk), sedangkan makanan yang berkarbohidrat baik tidak menyebabkan efek yang demikian. makanan yang mengandung karbohidrat yang baik itu antara lain ; gandum, pasta gandum utuh, beras merah, semua jenis sayuran, semua jenis buah-buahan dan kacang-kacangan. sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat buruk atau kurang baik (kadar gula tinggi) itu biasanya terdapat pada ; permen, es krim, soda, kentang putih, dan nasi putih.

minum minuman yang bebas kalori
  • minuman yang memiliki kalori dapat dengan cepat menambah sejumlah besar kalori untuk diet kita,apalagi jika minuman tersebut telah ditambahkan gula atau pemanis tentunya akan meningkatkan jumlah kadar gula darah kita. minuman seperti soda dan minuman yang tidak dibuat dari buah asli haruslah kita hindarkan, minuman seperti diet soda dapat kita konsumsi namun tentunya dengan jumlah yang terbatas. minuman seperti air putih, teh dan kopi tanpa gula adalah minuman yang baik guna menjaga program diet kita.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

trims untuk commentnya :)