Laman

Senin, 26 September 2011

10 manfaat cabe bagi kesehatan

suka makan cabe? kalau suka..pertahankan! hehe.. asal jangan berlebihan nanti malah sakit perut..yup cabe sudah dikenal selain sebagai penyedap makanan/masakan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan (sebagai nutrisi), bahkan tidak jarang dimanfaatkan pula dalam pengobatan.

Bernama ilmiah Capsicum sp, disinyalir berasal dari benua Amerika tepatnya di Peru, telah dimanfaatkan oleh suku Indian setempat diperkirakan sejak tahun 5000 SM. Kemudian Colombus membawa cabai ke Eropa sebagai oleh-oleh (setelah kembali dari ekspedisinya di benua Amerika), akhirnya setengah abad kemudian cabe telah menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.


Berikut 10 manfaat cabe bagi kesehatan kita :

1. Cabai mengandung banyak protein.
Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh antara lain; sebagai enzim, alat pengangkut dan penyimpan, penunjang mekanis, media perambatan impuls syaraf dan pengendalian pertumbuhan.
2. Cabai memiliki banyak serat.
Cabai serta bijinya mengandung serat yang baik untuk memperlambat laju penyerapan gula dalam aliran darah. Hal ini menjaga kestabilan kadar gula darah kita.
3. Cabai mengandung banyak vitamin C
Di Indonesia sambel biasanya merupakan kombinasi dari cabai dan tomat bersama bahan lainnya.. kombinasi antara cabai dan tomat ini akan lebih memberikan banyak vitamin c.. i love u sambel :D
4. Cabai banyak mengandung banyak zat besi.
zat besi sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah, golongan orang yang biasanya membutuhkan zat besi ini antara lain ; ibu hamil, ibu menyusui, perempuan usia subur, Anak balita dan anak usia sekolah.
5. Cabai membantu menurunkan berat badan.
Zat Capsaicin ( zat yang menimbulkan rasa pedas ) yang terkandung di dalam cabe akan meningkatkan panas tubuh sehingga pada akhirnya juga membuat proses metabolism tubuh berlangsung dengan cepat.
6. Cabai membantu membangkitkan perasaan bahagia kita.
Cabai melalui zat capsaicinnya mendorong pelepasan endorphin ( hormon yang dihasilkan oleh tubuh untuk merangsang otak agar kita merasa bahagia ) dan serotonin ( salah satu dari kelas zat kimia yang membawa pesan antar neuron ), dimana keduanya berperan membangun suasana hati kita menjadi lebih baik.
7. Cabai dapat mengekang keinginan untuk makan makanan berlemak dan manis.
dalam beberapa penelitian membuktikan bahwa capsaicin dalam cabe dapat mengekang hasrat untuk makan makanan yang berlemak dan manis.
8. Cabai membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Cabai juga mengandung banyak vitamin A yang secara alami bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
9. Cabai dapat membantu mengatur gula darah setelah makan
Capsaicin dapat pula mengatur gula darah kita, dalam journal of clinical neutrition dikatakan ; sebuah studi yang dilakukan pada bulan Juli thn 2006 menyimpulkan bahwa jumlah insulin untuk menurunkan gula darah pasien setelah makan lebih rendah jika memakan makanan yang mengandung paprika/cabai.
10. Cabai membantu meredakan hidung tersumbat.
Ternyata capsaicin juga dapat mengencerkan lendir, sehingga hidung yang tersumbat bisa kita redakan dengan mengkonsumsi cabe :) ini berlaku pula untuk sinuitis dan batuk dahak.
Itulah antara lain manfaat atau khasiat dari cabe bagi kesehatan kita...sekali lagi jangan berlebihan makannya.. :D semoga bermanfaat 
 

Artikel Terkait

1 komentar:

trims untuk commentnya :)