Laman

Senin, 07 Maret 2011

cara mengatasi efek kafein

kafein adalah suatu zat stimulan yang terdapat di dalam bahan makanan dan minuman seperti ; kopi, teh, minuman ringan dan coklat.

kafein dianggap sebagai zat yang tidak berbahaya asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.
namun jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka waktu yang konsisten maka dapat menimbulkan efek negatif untuk tubuh, kita antara lain ; lekas marah, gugup, sakit kepala atau dehidrasi.
bila mengalami efek ini kita dapat meminimalisir dan mencegahnya dengan cara :
  • segera kurangi atau hentikan makan atau minuman yang mengandung kafein untuk sementara. jumlah kadar kafein yang normal untuk tubuh kita adalah antara 200 - 300 mg. jadi efek negatif yang timbul tersebut terjadi karena kadar kafein dalam tubuh kita telah melewati batasan angka tersebut, menghentikan makanan atau minuman yg mengandung kafein merupakan langkah untuk membiarkan tubuh menetralisir kafein yang ada di dalamnya.
  • meminum air yang banyak juga dapat membantu menetralisir kafein yang ada dalam tubuh karena air mempercepat proses pencernaan dengan begitu kafein segera dibawa ke ginjal untuk dineralisir. jadi saat kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebaiknya juga meminum air putih yang banyak.
  • sebaiknya jangan mengkonsumsi obat antibiotik bila terkena efek dari kafein ini, karena sebenarnya tubuh kita dapat mencerna kafein secara alami (tentu saja pada saat tubuh kita dalam keadaan sehat dan normal), bila harus menggunakan antibiotik maka berkonsultasi dulu dengan dokter. sekedar info saja ciprofloxacin dan norfloxacin adalah antibiotik yang dapat membantu meredakan efek kafein.
  • bila saat berhenti dengan tiba-tiba mengkosumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi, terkadang ada efek lain yang ditimbulkan seperti sakit kepala atau uring-uringan (pertanda bahwa kita telah kecanduan kafein) maka untuk mengakalinya adalah mengganti makanan atau minuman yang memiliki kadar kafein tinggi itu dengan makanan dan minuman lainnya yang kadar kafeinnya rendah atau bahkan tidak ada.sekedar info kadar kafein yang terkandung di dalam kopi adalah 95 - 200 mg.
  • mengurangi kuantitas makanan atau minuman yang mengandung kafein saat mengkonsumsinya,misalnya kalau selama ini kita minum kopi dalam 1 cangkirnya itu dengan takaran kopi satu sendok teh kopi per cangkirnya, maka dapat kita kurangi menjadi satu sendok teh saja, begitu juga dengan teh...mengurangi kekentalan teh yang kita minum juga merupakan cara untuk mengurangi kadar kafeinnya.
sekedar info minum kopi sebaiknya 2 cangkir untuk setiap harinya jangan lebih ya :)

semoga bermanfaat ;)

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. kepala saya pusing kebanyakan minum nesface ,, kunjung balik

    BalasHapus

trims untuk commentnya :)