Laman

Senin, 07 Maret 2011

manfaat makan apel

apel adalah salah satu buah yang memiliki kadar lemak yang rendah namun kaya akan kalori dan enzim yang bisa membantu mencerna dan memecah makanan lain yang dikonsumsi.

Mengkonsumsi sebuah apel dipagi hari akan lebih efektif membuat kita tetap terjaga dibandingkan dengan minum secangkir kopi. Hal tersebut bukan disebabkan karena apel memiliki kandungan caffeine tapi karena tingkat glukosanya (kadar gula) yang bisa memberikan energy ke otak dan membuat orang tetap terjaga.

Selain mengandung glukosa yang dapat memberikan energy untuk tubuh, apel juga mengandung karbohidrat, serat yang baik, fosfor, zat besi, natrium, kalium, vitamin C, A dan folat.

Menurut para ahli ada banyak manfaat dari mengkonsumsi apel, yaitu antara lain :
  • seorang peneliti dari Prancis menemukan flavonoid dalam apel yang bernama phloridzin bisa melindungi perempuan yang telah menopause dari resiko osteoporosis serta meningkatkan kepadatan tulang, dan mineral boron dalam tulang bisa memperkuat tulang.
  • salah satu penelitian menunjukkan anak-anak penderita asma yang meminum jus apel setiap harinya dapat mengurangi "mengi" yang dideritanya, sementara studi lain menyebutkan ibu hamil yang rajin mengkonsumsi apel memiliki anak yang dengan tingkat resiko asma yang lebih rendah.
  • sebuah penelitian dari Cornell University yang dilakukan pada mencit menemukan bahwa quercetin dalam apel bisa melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit alzheimer.
  • senyawa pektin yang terkandung didalam apel bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), mengkonsumsi 2 buah apel dalam sehari bisa menurunkan kolesterol sebanyak 16%.
  • penelitian lain dari Cornell University juga menemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi satu buah apel setiap harinya bisa mengurangi resiko kangker usus sebesar 43% . sedangkan penelitian lain menunjukan pektin dalam apel bisa mengurangi resiko kangker usus besar dan membantu mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.
yuk makan apel setiap hari,semoga bermanfaat :)

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

trims untuk commentnya :)