Laman

Sabtu, 25 Juni 2011

malas sarapan bisa bikin gemuk

Mungkin hampir semua orang telah menyadari arti pentingnya sarapan secara umum..sarapan memberikan dampak positif bagi kesehatan dan produktivitas keseharian kita..,sebaliknya kebiasaan malas sarapan berpotensi menyebabkan penyakit bahkan kegemukan.. (akibat tidak sarapan bisa meningkatkan resiko obesitas 4x lipat-Health Watch megazine).

berikut antara lain akibat yang bisa ditimbulkan bila kita tidak sarapan :
  • Tubuh akan terasa lemah karena tidak adanya energi, pencernaan merubah makanan menjadi zat gula yg merupakan sumber energi bagi sel tubuh, tidak ada makanan tidak ada zat gula...
  • Otak akan sulit berkonsentrasi, karena tidak ada asupan zat tertentu untuk otak yang juga dihasilkan dari proses mencerna makanan...
  • Dapat merangsang kegemukan, pada pagi hari perut telah kosong, karena makanan yang kita makan pada malam hari telah dicernah oleh tubuh pada saat kita tidur. proses metabolisme tubuh akan terus berlangsung termasuk pada pagi hari, dan disaat tidak ada makanan untuk dicerna maka secara otomatis proses metabolisme juga tidak dapat berlangsung...hal ini tentu saja akan mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap lemak.
Selain itu dalam kegiatan kita sehari-hari ada kalanya kita menghadapi satu persoalan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, dan saat itulah tubuh akan melepaskan berbagai hormon dan salah satunya itu adalah endokrin yang sifatnya meningkatkan asam lambung...dimana pada akhirnya kita terdorong untuk merasa lapar dan cenderung untuk mengkonsumsi makan-makanan yang praktis saja misalnya cemilan.
Cemilan biasanya susah kenyangnya namun kandungan gula, lemak dan kalorinya cukup tinggi, karena cemilan susah membuat kenyang maka jumlah cemilan yang kita makan juga akan menjadi banyak, otomatis kandungan cemilan seperti gula, lemak dan kalori akan banyak masuk ke dalam tubuh kita.
  • Meningkatkan resiko terkena beberapa macam penyakit, salah satu diantaranya yaitu penyakit maagh. menghadapi aktivitas yang cukup tinggi dengan perut kosong salah satu pemicu utama sakit maagh.
Hal lain yang perlu kita perhatikan juga adalah soal menu dari sarapan kita setiap pagi itu seperti apa...tentu seharusnya mengandung gizi yang seimbang dan jumlah yang cukup untuk menunjang aktivitas kita sampai pada jam makan kita selanjutnya.

Sarapan tidak harus mahal, sereal gandum setiap pagi dengan dilengkapi segelas susu sudah bisa menunjang kegiatan kegiatan kita sampai makan siang tiba...tapi akan lebih sempurna jika ada buahnya.

Saatnya membiasakan diri dengan sarapan demi menjaga kesehatan dan produktivitas kita saat bekerja...
semoga bermanfaat

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

trims untuk commentnya :)