Laman

Kamis, 04 Agustus 2011

agar tubuh tetap fit saat puasa

beberapa tips agar tubuh tetap fit dalam menjalankan aktivitas sehari-hari selama menjalankan ibadah puasa :


  1. Minum air putih 8 s/d 10 gelas sehari saat berbuka puasa
  2. Perbanyak minum juice buah
  3. Kurangi teh, kopi, dan minuman bersoda ataupun minuman yang mengandung kafein. maksimal 2 kali sehari saja selama bulan puasa, hal tersebut dimaksudkan untuk menghindarkan efek diuretic ( diuretic ; obat untuk mempercepat pembentukan urine) pada tubuh agar mengurangi kita untuk terjaga di malam hari karena ingin buang air kecil.
  4. Hindari makanan cepat saji (junk food) untuk sementara.
  5. Konsumsi makanan sehat dan seimbang terutama buah dan sayuran.
  6. Saat mengunyah makanan usahakan untuk tidak terburu-buru, kunyahlah makanan dengan lembut.
  7. Bila memiliki masalah dengan kesehatan namun tetap ingin menjalankan ibadah puasa sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter anda.
  8. Tetap berolah raga, hal ini penting untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh agar tetap lancar, tetapi tentunya olahraga yang dipilih adalah olahraga yang tidak menguras energi dan cairan tubuh namun tetap efektif, salah satu contohnya adalah " jalan santai "
  9. Tidur malam yang cukup, hal ini diperlukan untuk memastikan keseimbangan tubuh di hari berikutnya. Kurang tidur saat malam dapat menyebabkan gelisah, sakit kepala dan gangguan pencernaan. Sempatkan juga untuk tidur siang karena hal ini akan memberikan energy dan menyegarkan anda saat menjalankan aktivitas saat malam hari.
dikutip dari Arab News
Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa....

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

trims untuk commentnya :)