Laman

Sabtu, 04 Juni 2011

cara minimalisir efek radiasi ponsel/HP

Terlepas dari segala kontroversial dan polemik seputar dampak radiasi dari ponsel/handphone tentunya kita sebagai pengguna ponsel sudah seharusnya melindungi diri dari hal-hal yang bisa saja menimbulkan gangguan kesehatan karena efek dari ponsel itu sendiri...

Penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengatakan bahwa efek dari radiasi ponsel walaupun tidak secara signifikan meningkatkan resiko kanker otak pada manusia namun pada penelitian terakhir didapatkan dimana resiko kanker yang berhubungan dengan otak manusia lebih dominan ditemukan pada mereka yang menggunakan perangkat ini (ponsel). selain itu bahaya lain yang dapat ditimbulkan oleh radiasi ponsel ini adalah : dapat memicu resiko impotensi pada pria, kanker payudara pada wanita, serta Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivity pada (GPPH) pada anak-anak.

Sebenarnya kecil atau besarnya dampak yang dapat ditimbulkan oleh radiasi ponsel tetap saja akan mengakibatkan efek tertentu pada tubuh kita, apalagi hal tersebut secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama...

Nah untuk meminimalisir efek radiasi ponsel itu, kita dapat melakukannya dengan berbagai cara berikut :


  • pakai perangkat ponsel yang membuat telinga kita terhindar dari kontak langsung dengan ponsel.
Pada saat menelpon gunakan perangkat tidak langsung dari ponsel misalnya handsfree atau bluetooth. Biasanya jika kita menggunakan ponsel secara langsung ke telinga dan berbicara dengan durasi yang cukup lama maka akan terasa efeknya dimana kepala kita terasa sakit dan pusing kadang pula menjadi mual..sow buat yang pacaran long distance wajib memakai perangkat ini ;)
  •  Jauhkan ponsel dari kepala pada saat akan menghubungi
saat akan menelpon seseorang, sebelum tersambung usahakan jarak ponsel agak jauh dari telinga atau kepala kita, karena pada saat akan mulai terhubung itulah kekuatan radiasi ponsel sangat besar (karena signal berusaha mencari jaringan secara maksimal).
  • Jangan meletakkan ponsel di bawah bantal dalam keadaan standby pada saat tidur.
kadangkala kebiasaan ini dilakukan oleh seseorang dengan alasan agar segera mendengar/terbangun saat ada telepon/sms yang masuk. namun kebiasaan ini bisa sangat merugikan kesehatan kita (pada bagian kepala), karena pada saat ponsel standby-tetap menyala, radiasi signal dari ponsel dapat menembus bantal yang pada akhirnya akan memapar kepala dan otak kita sepanjang malam.
  • Jangan menyimpan/meletakkan ponsel di kantong celana atau baju.
Selain berdampak pada otak, menurut penelitian radiasi ponsel juga dapat menyebabkan penurunan kualitas sperma pada pria dan mengakibatkan peningkatan resiko kanker payudara pada wanita, jadi jangan meletakkan ponsel di dekat area-area yang bisa memacu resiko-resiko tersebut.
  • Gunakan casing ponsel antiradiasi
Produk-produk untuk mengurangi radiasi ponsel sudah banyak beredar di pasaran mulai dari stiker antiradiasi hingga casing khusus untuk smart phone yang disinyalir memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Sebuah pengujian independent yang dilakukan oleh majalah wired menunjukan, beberapa merk casing anti radiasi bisa mengurangi radiasi hingga 66,7 %
semoga bermanfaat....

    Artikel Terkait

    0 komentar:

    Posting Komentar

    trims untuk commentnya :)