Laman

Selasa, 01 Maret 2011

mencegah dan mengelola stress

dengan menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas keseharian mungkin merupakan cara yang praktis untuk mengurangi atau melupakan stress.

tapi bagaimana dengan tubuh kita? ketika seringnya stres menghampiri kita maka hal itu memacu suatu reaksi di tubuh dan syaraf, sehingga saat kita meghadapi sebuah persoalan atau masalah berikutnya kita menjadi lebih rentan dengan stress sehingga terkadang persoalan kecil saja bisa membuat kita menjadi stres berat.

untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengelola tubuh dan pikiran kita terhadap ancaman datangnya stress.

berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola stres kita ;
  • kadang kita tidak menyadari gejala stress itu menghampiri diri kita,misalnya kita mungkin tidur selama 8 jam sehari namun kita tidak tidur dengan nyenyak. untuk itu sempatkan waktu setiap hari untuk menganalisa perubahan kebiasaan dan keadaan tubuh kita yang kemungkinan merupakan gejala stres.
  • saat kita berada di dalam suatu kondisi yang membuat syaraf otak kita tegang, carilah tempat yang tenang untuk duduk,lupakan sejenak persoalan yg membuat kita tegang itu kemudian setelah beberapa saat bernafaslah dalam-dalam dengan diafragma (antara dada dan perut),saat nafas melewati hidung hitunglah selama 4 detik, kemudian tahan selama 2 detik dan hembuskan dari mulut dengan durasi 7 detik. kegiatan ini dapat membantu menenangkan diri. saya dah coba...its works hehe
  • beraktivitas fisiklah secara teratur, hal ini dapat menyeimbangkan hormon stress.
  • mendengarkan musik yang slow atau melow setelah rutinitas kita adalah kegiatan positve lainnya yg dapat mencegah datangnya stress, karena musik yang slow atau tenang dapat menyeimbangkan gelombang otak kita.
  • pada saat kita stress sering kali kita ingin makan kudapan, sebaiknya konsumsilah makanan yang selain enak juga dapat membantu mengatasi stres itu sendiri, misalnya buah; karena kandungan vitamin C yg ada pada buah2an (dapat menginduksi radikal bebas dalam tubuh). coklat hitam juga baik untuk dikonsumsi pada saat stress sebab dapat mereduksi hormon stress seperti cortisol di dalam tubuh.
  • luangkanlah waktu bersama orang-orang yang kita sayangi atau senangi yang bisa membuat anda gembira setelah selesai bekerja/beraktivitas.
  • tinggalkanlah sejenak suasana atau visualitas yang dapat membuat kita semakin tertekan, sempatkan diri kita untuk berada di suatu tempat yang bisa menenangkan diri, contohnya di taman atau kebun dan hiruplah udara segarnya..oh ya pada saat jalan2 ke taman dan melihat bunga petik saja dan cium aromanya...aroma bunga tertentu seperti lavender dapat membantu menyegarkan pikiran kita.
  • melakukan kegiatan religius dengan khusuk dan menyerahkan segala masalah-masalah kehidupan kita kepada Tuhan dapat memberi ketenangan batin dan memicu hormon serta sistem saraf dan tubuh untuk menjadi lebih baik sehingga stress dapat terhindarkan.
semoga bermanfaat

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

trims untuk commentnya :)